Demak, PSSIjateng.com – R2 Solo dan PSCS Cilacap keluar sebagai kampiun Piala Soeratin U-13 & U-15 Jawa Tengah 2023 setelah R2 Solo menang dengan skor akhir 3-1 atas PFA Sukoharjo serta PSCS Cilacap menang melalui babak adu penalti dengan skor 5-3 atas Safin Pati FA dalam laga final yang berlangsung di Stadion Sultan Fatah Kab Demak, Minggu (24/12/2023) sore.

Pertandingan Final berlangsung dengan durasi waktu 2×25 menit untuk U13 serta 2×30 menit untuk U15. Hasil ini membawa tim R2 Solo lolos ke putaran nasional Piala Soeratin U-13, serta tim PSCS Cilacap lolos ke putaran nasional Piala Soeratin U-15.

Pada Piala Soeratin U-13 Jawa Tengah kali ini sebagai Juara 1 Piala Soeratin U-15 Jawa Tengah mendapat trophy tetap dan uang pembinaan sebesar 10.000.000 rupiah, kemudian untuk juara 2 mendapat trophy tetap dan uang pembinaan sebesar 7.000.000 rupiah.

Sedangkan Juara 1 Piala Soeratin U-15 Jawa Tengah mendapat trophy tetap dan uang pembinaan sebesar 13.000.000 rupiah, kemudian untuk juara 2 mendapat trophy tetap dan uang pembinaan sebesar 9.000.000 rupiah.

Wakil Ketua Asprov PSSI Jateng, Edi Sayudi mengapresiasi kesuksesan gelaran Piala Soeratin U13 & U15 Jawa Tengah. Kompetisi kelompok umur yang digulirkan sejak 26 November tersebut diharapkan bisa melahirkan pemain-pemain muda berkualitas. “Alhamdulillah Piala Soeratin U-13&U-15 Jawa Tengah 2023 berjalan lancar dan sukses. Hari ini digelar pertandingan final di stadion Sultan Fatah, Kab Demak, secara lokasi pun netral dari semua tim yang berlaga di Final ini” kata Edi Sayudi.

Hal senada juga disampaikan Exco Asprov PSSI Jateng, Bambang Tujiatno optimis hasil dari kompetisi usia muda di Jateng. Ia juga menyampaikan terima kasih kepada semua pihak yang terlibat dalam kompetisi Piala Soeratin U-13&U-15 Jateng, termasuk klub dan pemain. “Dari gelaran Piala Soeratin Jateng ini kami berharap bisa melahirkan pemain-pemain berkualitas yang nantinya bakal siap jika dibutuhkan Jawa Tengah,” ucap Bambang.

Sementara itu, Yoyok Sukawi selaku Ketua Asprov PSSI Jawa Tengah mengatakan bahwa pihaknya memang bertekad untuk terus menggenjot kompetisi usia muda sebagai pondasi sepak bola di Jawa Tengah.

“Beberapa waktu lalu Soeratin U17 sudah sukses digelar, kemarin U13 dan U15. Ini membuktikan komitmen Asprov PSSI Jawa Tengah untuk terus melaksanakan kompetisi usia dini sebagai pondasi membangun sepakbola di Jawa Tengah. Harapannya pasti sepakbola di Jawa Tengah maju dan Jawa Tengah kembali melahirkan pemain-pemain bertalenta,” tutur Yoyok Sukawi.