Magelang, pssijateng.com – Tim sepakbola Jawa Tengah berhasil mempertahankan tradisi untuk lolos ke ajang Pekan Olahraga Nasional (PON). Dalam pertandingan terakhir Grup B, anak asuh Idrus Gunawan berhasil mengalahkan tim Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) dengan skor 3-1 di Stadion Gemilang, Kabupaten Magelang, Jumat (20/10) sore.

Tim sepakbola Jateng berhasil unggul melalui gol yang dicetak oleh Yufrizal Abiyu, Erwin Fardiyandyah, dan Andre Aditya. Sementara tim DIY hanya berhasil memperkecil skor melalui Bintang. Hasil ini mengokohkan tim sepak bola Jateng sebagai pemuncak grup dan lolos otomatis ke ajang PON Aceh Sumut 2024.

Pelatih kepala tim sepakbola Jateng, mengucap syukur atas keberhasilan timnya dan kedepan akan terus melakukan evaluasi untuk menuju ke PON. “Syukur Alhamdulillah kami semua tim dari aspek Jawa Tengah target tercapai. Terkait penampilan, mental sangat berimbas kepada pemain, seperti harus menang namun anak-anak bisa menunjukkan bahwa mereka bisa. Ini juga saya rasa penampilan terbaik kami dan tentu ada tetap kekurangan yang harus diperbaiki,” ujar Idrus usai pertandingan.

Terkait komposisi pemain, Idrus mengatakan bahwa ia akan mencoba mempertahankan skuat yang ada. Akan tetapi, ia tak menutup kemungkinan akan melakukan penambahan pemain jika diperlukan. “Selama pemain ini saya anggap mumpuni dengan pencapaian sekarang dan tidak ada yang cedera akan kami pertahankan. Namun semua terbuka, bisa tetap ini atau ada tambahan. Karena di sepakbola itu sudah biasa,” lanjut Idrus.

Tak hanya Idrus, manager team Edi Sayudi juga mengatakan bahwa keberhasilan lolos ke PON harus tetap disyukuri dan dilakukan evaluasi supaya saat PON tim sepakbola Jawa Tengah benar-benar siap. “Dengan kerasnya persaingan di masing-masing Provinsi, maka akan kami lakukan evaluasi baik latihan secara sentralisasi atau gimana nanti akan kami diskusikan setelah pertandingan hari ini selesai. Yang terpenting hari ini kami lolos dulu ke PON,” cetus Edi Sayudi.

Sementara itu, Ketua Asprov PSSI Jateng, Yoyok Sukawi mengatakan bahwa tim sepakbola Jateng begitu luar biasa dan menampilkan semangat serta daya juang yang cukup tinggi. Namun Yoyok Sukawi mengingatkan kepada semua pemain dan official untuk tidak berpuas diri dan terus melakukan koreksi.

“Selamat ya anak-anakku dan seluruh official. Kalian luar biasa menyapu bersih dua pertandingan dengan dua kemenangan. Jangan cepat puas dan terus berlatih. Karena ajang yang sesungguhnya di PON nanti. Kalian harus bisa membuktikkan bahwa tim sepak bola Jateng bisa meraih prestasi di PON Aceh Sumut 2024,” kata Yoyok Sukawi.

“Tak lupa, saya juga mengucapkan terima kasih kepada manager tim yang juga waketum Asprov bapak Edi Sayudi beserta jajaran manajemen yang diisi anggota-anggota Exco yang terjun langsung mengawal tim Pra PON ini sehingga berhasil lolos, terus semangat salam hormat dari kelaurga besar Asprov PSSI Jateng,” tutup Yoyok Sukawi.

admin
October 21, 2023