Cilacap, PSSIJateng.com – Kepala Staf Angkatan Darat Jenderal TNI Dr. Dudung Abdurachman, S.E., M.M., meresmikan Sudirman Soccer Field di Cilacap, Selasa sore (21/6/2022). Lapangan sepakbola yang dibangun di atas lahan TNI AD ex Batalion Infanteri 405 seluas 7.700 meter persegi yang berada di tengah kota Cilacap ini sebelumnya bernama Lapangan Sepakbola Jenderal Besar Sudirman. Seiring dengan pembaharuan fasilitas yang ada,lapangan tersebut kini mengunakan lapisan rumput sintetis (artificial).

Peresmian ditandai dengan pemotongan pita dan penandatanganan prasasti oleh Kepala Staf Angkatan Darat Jenderal TNI Dr. Dudung Abdurachman, S.E., M.M., didampingi Pangdam IV/Diponegoro Mayjen TNI Widi Prasetiono, Danrem 071/Wijayakusuma Kolonel Inf Yudha Airlangga, S.E kemudian CEO Pancoran Soccer Field (PSF) Gede Widiade, dan Bupati Cilacap Tatto Suwarto Pamuji. Serta turut hadir pula Wakil Ketua Asprov PSSI Jateng Edi Sayudi dan Anggota Exco Asprov PSSI Jateng, Bambang Tujiatno yang juga merupkan Ketua Askab PSSI Cilacap.

Kepala Staf Angkatan Darat Jenderal TNI Dr. Dudung Abdurachman, S.E., M.M., dalam sambutannya menyampaikan apresiasinya kepada Bupati Cilacap beserta Pancoran Soccer Field (PSF) selaku mitra yang telah membantu untuk merealisasikan pembangunan lapangan tersebut. Dikatakan, terwujudnya pembangunan Lapangan Jenderal Besar Soedirman sekaligus menunjukkan adanya kerjasama dan komunikasi yang berjalan baik antara satuan TNI AD dengan pemerintah daerah dan pihak swasta” terangnya.

“Gagasan atau ide ini tercetus beberapa bulan yang lalu setelah dilantik menjadi Kasad, untuk membangun lapangan sepakbola exs Yonif 405, karena melihat potensi persepakbolaan di Kabupaten Cilacap. Wujud dukungannya adalah melalui kerjasama dengan PSF untuk membangun fasilitas lapangan menggunakan bahan rumput sintetis” terangnya.

Senada dengan yang dipaparkan CEO Pancoran Soccer Field (PSF) Gede Widiade, selaku pengelola  Sudirman Soccer Field, maka Wakil Ketua Asprov PSSI Jateng Edi Sayudi juga mengatakan fasilitas yang dibangun pada lapangan ini terbilang cukup memenuhi kebutuhan aktivitas sepakbola. Terdapat bangunan tribun dengan dilengkapi fasilitas seperti ruang ganti pemain, ruang wasit, ruang medis, dan lavatory pendukungnya. “Dengan adanya fasilitas seperti ini, Asprov berharap akan semakin bermunculan calon pemain dengan kemampuan baik yang berasal dari Kabupaten Cilacap dan sekitarnya” kata Edi Sayudi.

Sementara itu, Gede Widiade mengatakan fasilitas Lapangan Panglima Besar Jenderal Soedirman ini lebih lengkap jika dibandingkan dengan yang ada di Jakarta. Saat ini masih ada proses pengerjaan di sekitaran lapangan tersebut sebagai fungsi pendukung, seperti membangun food court area, kantor pengelola dan banguan pendukung lainnya. “Bahkan jika telah diferifikasi oleh PSSI, lapangan ini memungkinkan dapat digunakan untuk penyelenggaraan kompetisi selevel Liga 2 dan Liga 3”ucap Gede Widiade.

Bupati Cilacap Tatto Suwarto Pamuji, menambahkan Sudirman Soccer Field juga bisa digunakan oleh PSCS Cilacap yang sedang bersiap mengarungi Liga 2 tahun 2022 ini. Dengan hadirnya lapangan ini harapannya akan semakin menambah motivasi tim berjuluk Hiu Selatan tersebut. “Semoga pada musim kompetisi tahun ini PSCS Cilacap mampu promosi ke Liga 1 dan banyak melahirkan pesepakbola nasional bahkan mungkin internasional’. kata Tatto Suwarto