Banjarnegara, PSSIJateng.com – Liga Amatir tertinggi Provinsi Jawa Tengah yakni Liga Futsal Nusantara Jateng 2023 resmi dibuka Ketua AFP Jateng Muchamad C. Maretan pada 14 Mei 2023. Berlokasi di Jaskon Sport Center Banjarnegara, opening ceremony dihadiri Sekretaris Asprov PSSI Jateng Purwidyastanto, Sekda Kabupaten Banjarnegara Drs. Indarto, Ketua DPRD Banjarnegara Ismawan Setya Handoko, SE., Kapolres Banjarnegara AKBP Era Johny Kurniawan, SIK, MK., Dandim Banjarnegara Letkol Inf Dhanang Agus Setiawan SE., Ketua KONI Banjarnegara Nurohman, Sekretaris Askab PSSI Banjarnegara Setyo Eko dan Pemilik Jaskon Sport Center Banjarnegara Sodirun dengan mempertandingankan grup C antara tuan rumah M2B Banjarnegara melawan F45T FC Semarang.

Kompetisi diikuti 11 klub putra dan 5 klub putri, dengan pembagian grup sebagai berikut :

Kategori Putra

Grup A : Marshanda FC Sragen, Pusaka FC Kendal, FC Bintama Semarang, SKN FC Kebumen

Grup B : BJL 2000 Semarang, Score FC Purwokerto, Berkah Sport Purwodadi, Bersinar FF Klaten

Grup C : M2B Banjarnegara, F45T FC Semarang, Guyub Rukun Kota Magelang

Kategori Putri

Grup F : F45T Angels Semarang, Elit Putri Pati, Srikandi Kota Wali Demak, Guyub Rukun Angels Kota Magelang, Bsport Angels Brebes

Pertandingan dilaksanakan pada 14 mei sampai 20 mei 2023, dengan skema pertandingan kategori putra babak penyisihan ½ kompetisi dibagi 3 grup, kemudian lanjut ke babak 6 besar dengan sistem ½ kompetisi dibagi 2 grup diambil dari juara dan runner up grup babak penyisihan, selanjutnya peringkat 1 tiap grup di babak 6 besar akan langsung lanjut ke babak final dan pemenang pada babak babak final menjadi juara liga futsal nusantara jateng 2023 kategori putra. Sedangkan untuk kategori putri dilaksanakan dengan skema pertandingan ½ kompetisi dalam 1 grup dan peringkat 1 berhak menjadi juara Liga Futsal Nusantara Jateng tahun 2023 kategori putri.

Dua tim yang menjadi partai pembukaan yaitu M2B Banjarnegara dan F45T FC Semarang tak terbendung untuk kembali berjumpa di partai pamungkas Liga Futsal Nusantara Jateng 2023. Pada babak penyisihan, F45T FC berhasil mengalahkan M2B Banjarnegara 3-1 dan Guyub rukun Magelang 2-0 untuk menjadi juara grup C dan lolos babak 6 besar. Dibabak 6 besar, F45T FC Semarang satu grup dengan klub sesama kota semarang yaitu FC Bintama Semarang dan BJL 2000 Semarang. F45T FC Semarang berhasil mengalahkan BJL 2000 Semarang 2-0 dan FC Bintama Semarang 3-0 untuk melaju ke babak final. Sedangkan M2B Banjarnegara pada babak penyisihan mengalami kekalahan 0-2 melawan F45T FC Semarang namun menang melawan Guyub Rukun Magelang 6-2 untuk memastikan menjadi runner up dan lolos ke babak 6 besar. Di babak 6 besar, M2B berhasil menahan imbang 2-2 Pusaka FC Kendal dan menang 5-2 lawan Score FC Purwokerto untuk memastikan menjadi juara grup E dengan keunggulan selisih gol dari Pusaka FC Kendal dan bertemu kembali dengan F45T FC Semarang di babak Final.

Pada babak Final pertandingan berjalan keras dan panas dengan kedua tim saling berusaha menguasai pertandingan, namun durasi 2x20menit berlangsung kedua tim belum ada yang berhasil mencetak gol dan dilanjutkan pada babak tambahan 2×5 menit, menit 47’ klub F45T FC Semarang berhasil mencetak gol melalui muzaki wafa untuk memenangkan pertandingan. Sampai peluit babak tambahan kedua tidak ada tambahan gol sehingga F45T FC Semarang berhak dinyatakan sebagai juara Liga Futsal Nusantara Jateng dan menjadi klub Futsal putra terbaik di Jawa Tengah tahun 2023.

Sedangkan dikategori putri, Bsport Angels Brebes berhasil menjadi jawara dengan 3 kemenangan dan 1 kali bermain imbang dan tak mampu dikejar F45T Angels Semarang yang berada di peringkat 2. Bsport Angels Semarang memulai kampanye juara bermain imbang melawan saingan terberatnya F45T Angels Semarang dengan skor 2-2, kemudian menang 3-1 melawan Elit Putri Pati, lalu 5-0 melawan Srikandi Kota Wali Demak dan 3-0 melawan Guyub Rukun Angels Kota Magelang untuk memastikan menjadi juara liga futsal jateng tahun 2023.

F45T FC Semarang dan BSport Angels Brebes selanjutnya akan menjadi wakil dari Provinsi jawa tengah yang akan bertanding di Liga Futsal Nusantara babak 34 Besar Nasional tahun 2023 yang dilaksanakan di GIGA Futsal Kota Metro Provinsi Lampung pada tanggal 1-12 Juni 2023 untuk memperebutkan jatah tiket menuju Liga Pro Futsal 2024.

Berikut dokumentasi Awarding, kategori Putri :

Berikut dokumentasi Awarding, kategori Putra :

admin
May 23, 2023

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *