Asprov PSSI Jateng menggelar penyegaran wasit untuk pelaksanaan kompetisi Jateng 2021  di tempat Wisma Baptis Soka dan Stadion Kridanggo, Salatiga pada 08 Oktober hingga 10 Oktober 2021. Acara tersebut dibuka oleh Komite Wasit, Budi Winarko yang didampingi Alil Rinenggo.

Dalam acara tersebut hadir langsung Ketua Asprov PSSI Jateng, Edi Sayudi kemudian anggota Komite Eksekutif Bidang Perwasitan Aam Ichwan, serta Sekretaris Umum Purwidyastanto untuk memantau langsung penyelenggaraan acara tersebut.

Sebanyak 197 orang telah hadir di kegiatan tersebut sejak kemarin, terdiri dari 106 wasit Lisensi C1 nasional dan 91 orang wasit Lisensi C2 nasional yang datang dari berbagai daerah dari Jawa Tengah. Peserta dibagi untuk 2 kloter, untuk kloter pertama wasit C1 dimulai dari tanggal 08 sampai 09 Okt, serta untuk kloter kedua wasit C2 dimulai 09 sampai 10 Okt sesuai prokes dari pemerintah setempat.

“Setahun lebih sepak bola Indonesia tidak ada kompetisi, dengan bergulirnya Liga 1 dan Liga 2 ini merupakan penghilang dahaga bagi kita semua para pelaku sepak bola. Dengan diselenggarakan penyegaran wasit ini , kita berharap rekan- rekan perangkat pertandingan mulai mempersiapkan diri untuk kompetisi Jateng 2021  tutur Budi Winarko.

“Semua ini kita persiapkan agar kedepannya ketika kompetisi Jateng  dapat bergulir, rekan-rekan wasit sudah siap baik secara fisik maupun pemahaman law of the game sesuai regulasi. Kita juga terus berkomunikasi dengan PSSI Pusat, untuk penugasan perangkat pertandingan sesuai Prokes yang ada. Wasit yang akan bertugas harus wajib vaksin juga dua kali. Sesuai arahan dari pemerintah, kita harus melewati semua itu, baru bertugas dalam memimpin sebuah pertandingan,” lanjutnya.

Komite Wasit, Alil Rinenggo juga menambahkan untuk Liga 3 dan Soeratin Jateng  jika diizinkan menggelar sesuai rencana, “Kita harus sama-sama mensyukuri dan selalu menyiapkan diri dalam bertugas nantinya. Hal tersebut saya harapkan bisa menjadi motivasi bagi semua peserta.’’

Terakhir, Alil Rinenggo mengatakan, “Semoga kegiatan ini bisa menjadi angin segar bagi kita semua dan terutama sepak bola Indonesia. Kita titipkan marwah pertandingan di pundak-pundak rekan-rekan wasit yang menjadi peserta. Saya juga berharap wasit menjadi leader yang tegas dalam jalannya pertandingan seperti meminimalisasi kerumunan (saat selebrasi gol, dan saat berbicara dengan wasit),” katanya.

“Tolong juga kepada wasit cadangan, waspada terhadap bangku cadangan, diingatkan untuk tetap terus memakai masker selama pertandingan. Asprov PSSI Jateng titip kesuksesan Kompetisi Jateng bersama-sama,” tutup Alil Rinenggo.

admin
October 10, 2021

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *